Cegah Infeksi Saluran Pencernaan! (part 1)



Cegah Infeksi Saluran Pencernaan! (part 1) Citacinta



Siapa bilang infeksi saluran percernaan hanya dapat menimpa anak-anak? Kenyataannya, nih, orang dewasa seumuran kita juga berisiko terkena gangguan di area usus dan sekitarnya.
     Selain gastritis (maag), masih banyak jenis gangguan pencernaan lain yang sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh kita. Yang jelas, nih, pola hidup dan kebiasaan sehari-hari kita sangat berperan dalam mencegah infeksi saluran pencernaan.
     Kalau nggak mau menjadi salah satu penderitanya, kita juga kudu menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar kita. Memiliki organ pencernaan sehat bukan suatu hal yang sulit, kok!

Waspadai makanan!

Dari namanya sudah bisa ketebak kalau infeksi saluran pencernaan adalah gangguan yang terjadi pada organ-organ pencernaan seperti usus, pankreas, kantong empedu maupun liver. Malahan, nih, infeksi juga dapat terjadi di lubang anus yang akhirnya menyebabkan penyakit ambeien atau wasir.
    Meski organ-organ pencernaan di tubuh kita cukup banyak, ternyata infeksi saluran pencernaan paling sering menimpa bagian usus dalam bentuk peradangan. Hal ini diakui oleh dr. Ari Fahrial Syam, internist sekaligus konsultan dari Divisi Gastroenterologi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM).
    “Infeksi saluran pencernaan terjadi karena adanya kuman yang menyerang organ pencernaan kita. Jenis gangguannya bervariasi, tergantung jenis kuman dan lokasi yang 'diserangnya'. Pada prinsipnya infeksi ini berkaitan dengan makanan dan minuman yang kita konsumsi.”
    Jika kita mengonsumsi makanan atau minuman yang kualitasnya nggak bagus alias sudah terkontaminasi kuman dan bakteri, maka risiko kita untuk terkena infeksi saluran pencernaan pun makin besar. Apalagi jika saat mengonsumsinya kondisi tubuh kita sedang tidak fit!
    
Banyak jenisnya
Ada berbagai jenis gangguan yang dapat menyerang organ pencernaan kita, salah satunya tifus. Infeksi ini timbul karena kuman Salmonella Typhosa yang menyerang usus halus kita. Menurut Ari, tifus adalah infeksi saluran pencernaan yang cukup sering diderita oleh orang dewasa.
    Lain halnya dengan cacingan. Infeksi satu ini memang lebih sering menimpa anak-anak yang hobi bermain tanah. Gara-gara jarang mencuci tangan dan menjaga kebersihan, mereka pun lebih rentan menderita cacingan.
    Jika parasit akibat cacing ini masuk ke pencernaan melalui mulut, maka telur cacing pun akan berkembang biak di perbatasan usus besar dan halus!
    Salah satu jenis infeksi saluran pencernaan yang patut diwaspadai adalah amubasis. Gangguan ini disebabkan oleh parasit Entamoebo Histolytica yang menyerang jaringan usus.
    Jumlah parasit yang banyak sehingga menyebabkan kerusakan yang cukup parah pada dinding usus inilah yang disebut dengan disentri amuba.
    Jumlah penderita cholera belakangan ini memang makin berkurang. Tapi infeksi yang ditimbulkan oleh Vibrio Cholera ini tetap harus dihindari.
    Biasanya, sih, cholera menimpa penduduk-penduduk di daerah pedalaman yang kondisi air minumnya masih terbatas dan memprihatinkan. Wajar, deh, kalau penyakit ini lebih sering timbul pasca banjir. CC






 
TULIS KOMENTAR FORUM


  200 Karakter
** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.





200 Karakter
** Jika sudah login, email akan terkirim dengan namamu.
 


VIDEO





KUIS





TWITTER

FACEBOOK